Selasa, 09 Juli 2013

Proposal Kegiatan usaha Martabak Manis Pelangi

PROPOSAL KEGIATAN USAHA MAKANAN
“MARTABAK MANIS PELANGI”
NAMA    :  EKO WAHYU CAHYONO
KELAS   :  2 DC01
UNIVERSITAS GUNADARMA
TAHUN AKADEMIK 2012 / 2013
Proposal Kegiatan Usaha Makanan Martabak Manis Pelangi
I           Latar Belakang
Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal.
Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.
Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi makanan konsumsi untuk malam hari, dan sekaligus merupakan makanan yang juga cukup istimewa adalah "Martabak Manis Pelangi".
Dengan pembuatan Martabak Manis Pelangi yang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, sehat dan menarik serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.
Keberadaan Martabak Manis Pelangi sebagai salah satu makanan dengan rasa yang enak, nikmat, lezat dan unik karena dengan warna martabak yang bervariasi dan dengan isi yang bervariasi juga ditambahkan dengan  buah-buah segar.
Dengan hal tersebut, maka saya ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha makanan "Martabak Manis Pelangi" untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat tidak akan pernah lupa dengan masakan khas Indonesia tersebut.
II        Tujuan
Tujuan saya memilih jenis usaha ini yaitu:
1.    Mencari keuntungan/laba
2.    Menarik minat konsumen untuk merasakan masakan yang sudah cukup terkenal dengan inovasi baru
3.    Mencapai target penjualan
III     Segmentasi Produk
·       Menganalisa potensi pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha yang dijanali tersebut dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat (konsumen)
·       Menentukan objek pasar
Dalam menjalankan usaha ini harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau masyarakat (konsumen)
·       Menetapkan target / sasaran pasar
Dalam menjalankan usaha harus menetapkan target/sasaran pasar usaha dengan cara melihat perbedaanya agar lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam membelinya.

IV     Keunggulan Produk
Keunggulan dari produk ini yaitu:
·      Memiliki berbagai macam-macam bentuk dan warna
·      Memiliki berbagai macam-macam rasa
·      Bahan produk yang higienis dan sehat
V        Analisa Swot
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
1      Strenght (Kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah:
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk, warna dan rasa
Bahan produk yang terjamin, higienis dan sehat
2      Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari produk ini adalah:
Tidak tahan lama
Produknya mudah ditiru
3      Opportunity (Peluang)
Tempat Strategis
Fasilitas yang cukup memadai
4      Threath (Ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah

VI     Analisa 4P
1      Product (Produk)
Produk yang dijual adalah "Martabak Manis Pelangi" yang merupakan makanan selingan sehari-hari
2      Price (Harga)
Harga perporsi Rp 15.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah
3      Promotion (Promosi)
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dan dilakukan masa promosi pada setiap pembelian 1 paket dengan isi 5 porsi akan memberikan diskon 10% dari harga tersebut.
4      Place (Tempat)
Tempat yang dipilih yaitu di Jalan Cagar Alam Raya, karena letaknya cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen)
VII  Aspek Keuangan
1.      Aspek Modal
-       Bahan Baku
1. Terigu 2 kg                   Rp 20.000
2. Telur 1 kg                     Rp 19.000
3. Gula Pasir 1 Kg            Rp 10.000
4. Air                                Rp    -
5. Garam                          Rp   2.000
6. Soda kue                      Rp   5.000
7. Blue Band                    Rp   7.000
8. Pewarna          
     Daun suji         Rp    -
     Strawberry      Rp  15.000
     Jeruk                Rp  15.000     
     Anggur            Rp  15.000
9. Fermipan                      Rp    3.000
                                       ----------------
                                         Rp 111.000

-    Bahan Taburan
1. Kacang tanah 1/2 kg           Rp   5.000
2. Meises                                 Rp   7.000
3. Keju                                     Rp 14.000
4. Susu kental manis                Rp   7.000
5. Wijen                                   Rp   5.000
6. Buah-buahan                       Rp 50.000
                                              ----------------
                                                Rp 88.000
-     Modal
Bahan baku + Bahan taburan + Bahan baku tambahan
= Rp 111.000 + Rp 88.000 + Rp 30.000 = Rp 229.000
2.      Perhitungan Keuntungan
Harga Jual : Rp 15.000 x 40 porsi = Rp 600.000

3.      Biaya penjualan:
Biaya pembuatan brosur        Rp 30.000
Biaya listrik dan air                Rp 10.000
Biaya lainnya                         Rp 10.000
                                             ----------------
                                               Rp 50.000
VIII    Penutup 
Antisipasi Masa Depan
Sebagai wirausahawan yang baik, saya tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Saya akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan saya, agar para peminat dan konsumen puas dengan “Martabak Manis Pelangi” yang saya buat. Karena apabila kualitas martabak saya tidak saya tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju, dan terancam bangkrut.
Kesimpulan
Menurut saya usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Saya sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan dengan sungguh-sungguh dan mempunyai kualitas rasa yang berbeda dengan martabak yang lain. Saya sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi saya akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini. Disamping itu, saya mengharapkan supaya produk makanan ini tidak berkurang, karena produk ini sangat bagus, berkualitas dan sehat.